Monday, May 4, 2015

Makalah Statistika



MAKALAH
STATISTIKA
Disusun Guna Memenuhi Tugas Uas
Mata Kuliah : Bahasa Indonesia
Dosen Pengampu: Indrya mulyaningsih, M.Ag



Disusun oleh:
Lupi Nurmawan
( 14121510616  )
Matematika C/2
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
SYEKH NURJATI CIREBON
2013
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.         Latar belakang
Disadari atau tidak, statistika telah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.[1] Pemerintah menggunakan statistika untuk menilai hasil pembangunan masa lalu dan juga untuk membuat rencana masa datang. Pemimpin mengambil manfaat dari kegunaan statistika untuk melakukan tindakan-tindakan  yang perlu dalam menjalankan tugasnya.
Salah satu pembahasan yang ada di statistika yaitu distribusi data. Sama halnya dengan statistika, distribusi data juga sangat berguna bagi kehidupan kita. Senua jurusan mempelajari mata kuliah ini. Distribusi ini merupakan pengumpulan data atau keterangan, pengolahan dan pembuatan kesimpulan. Hal ini harus dilakukan dengan baik, cermat, teliti, hati-hati, mengikuti cara-cara dan teori yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan.

1.2.     Rumusan masalah
1.     Apa pengertian statstika ?
2.     Apa manfaat statsistika ?
3.     Bagaimana peranan statistik dalam kehidupan sehari hari?
4.     Apa fungsi dari statistik?
1.3.     Tujuan
1.    Mengetahui Pengertian  Statistika.
2.    Mengetahui Manfaat Satitistika dalam kehidupan sehari-hari.

1.4.         Metode Penulisan 
              Dalam pembuatan makalah ini, penyusun menggunakan metode literatural atau kepustakaan yang berhubungan dengan permasalahan, dengan menggarap melalui sumber buku. Referensi perolehan minimal lima referensi buku bacaan.

1.5.         Sistematika Penulisan
Makalah ini terdiri dari beberapa sub judul: BAB I PENDAHULUAN, BAB II PEMBAHASAN, BAB III PENUTUP





BAB II
PEMBAHASAN

2.1.         Statistika

Sebagian besar orang pasti sudah lumayan familier bila mendengar kata statistika. Jika ditanya sejak kapan mereka mengenal statistika mungkin sebagian besar orang akan menjawabnya “ oh saat saya mulai sekolah,  mungkin sekitar SMP atau SMA”. Tetapi sadarkah anda, sebenarnya kita mengenal statistika semenjak kita lahir. Tanpa kita sadari saat lahir, kita sudah dikenalkan yang namanya statistika. Hal yang paling sederhana misalnya : berat dan panjang badan kita saat lahir.[2] Namun karena saat itu kita masih sangat kecil dan belum bisa berpikir, dan merasakan apa-apa jadi kita tidak mengetahuinya.
Seringkali kita tidak menyadari bahwa dalam kehidupan kita sehari-hari kita seringkali sudah melakukan penelitian, misalnya dalam membeli suatu barang yang berharga mahal seperti komputer, kita tentu saja melakukan penelitian ke toko-toko komputer untuk membandingkan harga, fitur, maupun jaminannya. Memilih pacar ataupun calon suami/istri mungkin juga bisa digolongkan sebagai penelitian. Namun tentu saja kedua macam penelitian ini berbeda dengan penelitian yang biasa kita baca di jurnal ilmiah, karena mungkin dalam melakukan penelitian tersebut kita seringkali tidak menggunakan metode ilmiah melainkan terkadang hanya emosi saja, terlebih lagi dalam hal mencari pacar.

2.2.        Pengertian Statistika

Sebelum bicara lebih lanjut tentang statistika, kita perlu mencari tau apa sebenarnya statistika itu. Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data.[3] Singkatnya, statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data. Atau statistika adalah ilmu yang berusaha untuk mencoba mengolah data untuk mendapatkan manfaat berupa keputusan dalam kehidupan.
Istilah ‘statistika’ (bahasa Inggris: statistics) berbeda dengan ‘statistik’ (statistic). Statistika merupakan ilmu yang berkenaan dengan data, sedang statistik adalah data, informasi, atau hasil penerapan algoritma statistika pada suatu data.
Dari kumpulan data, statistika dapat digunakan untuk menyimpulkan atau mendeskripsikan data; ini dinamakan statistika deskriptif.
Sebagian besar konsep dasar statistika mengasumsikan teori probabilitas. Beberapa istilah statistika antara lain: populasi, sampel, unit sampel, dan probabilitask
.[4]
Statistika banyak diterapkan dalam berbagai disiplin ilmu, baik ilmu-ilmu alam (misalnya astronomi dan biologi maupun ilmu-ilmu sosial (termasuk sosiologi dan psikologi), maupun di bidang bisnis, ekonomi, dan industri).[5] Statistika juga digunakan dalam pemerintahan untuk berbagai macam tujuan, sensus penduduk merupakan salah satu prosedur yang paling dikenal. Aplikasi statistika lainnya yang sekarang popular adalah prosedur jajak pendapat atau polling (misalnya dilakukan sebelum pemilihan umum), serta jajak cepat (perhitungan cepat hasil pemilu) atau quick count. Di bidang komputasi, statistika dapat pula diterapkan dalam pengenalan pola maupun kecerdasan buatan.

2.3.       Manfaat Statistika

Manfaat statistik dalam penelitian sosial dapat kita bagi untuk empat keperluan, yaitu:
1.      Statistika digunakan untuk menyusun, meringkas atau menyederhanakan data. Data yang diperoleh dari suatu penelitian survey dengan topic tertentu biasanya tidak hanya besar dalam jumlah respondennya, tetapi juga mencakup banyak informasi. Oleh karena itu, peneliti memerlukan cara untuk menyusun dan menyederhanakannya agar kegiatan tersebut dapat dilanjutkan.
2.      Statistika digunakan untuk membantu peneliti dalam merancang kegiatan survey atau eksperimen yang dapat memperkecil biaya untuk mendapatkan informasi dalam jumlah tertentu. Kegunaan statiska yang kedua ini berkaitan dengan metodologi dan inferensi (pengambilan keputusan) secara statistika.
3.      Statistika digunakan peneliti untuk menetapkan metode yang terbaik dalam penarikan kesimpulan (inferensi) sesuai dengan teknik pengambilan sampel tertentu.
4.      Kegunaan statistika yang terakhir adalah dalam mengukur baik tidaknya (goodness) sebuah inferensi. Selain membantu peneliti untuk menggambarkan data, sumbangan utama statistika lainnya adalah dalam melakukan evaluasi terhadap baik tidaknya suatu inferensi.
Dan adapun contoh dari manfaat statistika dalam kehidupan sehari-hari yang sering kita jumpai adalah:
·       Bagi ibu-ibu rumah tangga mungkin tanpa disadari mereka telah menerapkan statiska. Dalam membelanjakan uang untuk kebutuhan keluarganya sering melakukan perhitungan untung rugi, berapa jumlah uang yang harus dikeluarkan setiap bulannya untuk uang belanja, listrik, dll.
·       Sebagai mahasiswa, selain statistika dipelajari secara formal sebenarnya kita sudah menggunakannya dalam perhitungan Indeks prestasi.
·       Dalam dunia bisnis, para pemain saham atau pengusaha sering menerapkan statistika untuk memperoleh keuntungan. Seperti peluang untuk menanamkan saham.
·       Sedangkan dalam bidang industri, statistika sering digunakan untuk menentukan keputusan. Contohnya berapa jumlah produk yang harus diproduksi dalam sehari berdasarkan data historis perusahaan, apakah perlu melakukan pengembangan produk atau menambah varian produk, perlu tidaknya memperluas cabang produksi, dll.
Jadi statistika sebenarnya sangat penting bagi kita, dapat berguna dalam menentukan keputusan meskipun kadangkala penggunaannya tidak kita sadari.

2.4.   Peranan statistik
Statistika dalam arti sempit berarti kumpulan data berupa angka, penyajian data dalam table dan grafik, bilangan yang menunjukan karakteristik dari kumpulan data. Statistika dalam arti luas yaitu metode yang digunakan dalam pengumpulan dan analisis data yang berupa angka-angka sehingga dapat diperoleh informasi yang berguna. Statistika adalah suatu metode yang menjelaskan tata cara pengumpulan, penyusunan, penyajian, penganalisaan, dan penginterprestasian data menjadi informasi yang lebih berguna.
Peranan statistic antara lain terlihat dalam kehidupan sehari-hari, dalam penelitian ilmiah dan dalam ilmu pengetahuan.[6]
Beberapa contoh bahwa statistik sangat berperan dalam kehidupan sehari-hari misalnya dalam kehidupan sehari-hari kita sering menggunakan ilmu statistika untuk mengatur berapa jumlah pengeluaran kita yang disesuaikan dengan pendapatan yang kita peroleh, lalu memilih barang yang mana yang akan kita beli, dan lainnya yang pada akhirnya membutuhkan keputusan terbaik yang akan kita ambil.
Begitu pula dengan bidang yang lainnya, membantu memutuskan keputusan yang harus diambil secara tepat. Dalam ilmu kedokteran untuk peralatan analisa penyakit. Statistik juga sangat dibutuhkan dalam penelitian karena memiliki peranan.
1. Statistik memungkinkan pencatatan secara lengkap dari data penyelidikan
2. Statistik memampukan seorang peneliti untuk bekerja secara berurutan dari awal sampai akhir
3. Statistic menyediakan cara-cara meringkas data kedalam bentuk yang lebih  gampang mengerjakannya
4. Statistic memberikan dasar-dasar melalui proses-proses yang mengikuti aturan yang dapat diterima oleh ilmu pengetahuan
5. Statistic memberikan landasan untuk meramalkan secara ilmiah tentang bagaimana sesuatu gejala akan terjadi dalam kondisi-kondisi yang telah diketahui
6. Statistic memungkinkan peneliti menganalisa, menguraikan sebab akibat yang kompleks dan rumit yang tanpa statistic akan merupakan persoalan yang membingungkan serta kejadian yang tak teruraikan
7. Menggambarkan data dalam bentuk tak tentu
8. Menyederhanakan data yang komplek menjadi data yang mudah dimengerti
9. Merupakan teknik untuk membuat perbandingan
10. Memperluas pengalaman individu
11. Menentukan tingkat hubungan atau peranan antar variable
12. Mengukur besar besaran variable
13. Dasar untuk merumuskan kebijakan perusahaan atau pemerintahan
Dalam ilmu kedokteran untuk peralatan analisa penyakit , dalam kehidupan sehari-hari kita banyak menemukan data-data statistic. Seperti, perhitungan caleg yang dapat kita lihat di TV atau di Koran, bursa efek saham, kurs rupiah dan banyak lagi. Jadi dalam kehidupan sehari-hari statistic memiliki peran dan fungsi masing-masing sesuai bidangnya.
Statistik Sebagai Bahan Perencanaan. Statistik seperti telah dijelaskan pada butir terdahulu adalah pengetahuan yang berhubungan dengan pengumpulan data, pengolahan, penganalisaan, penyajian dan penarikan kesimpulan serta pembuatan keputusan berdasarkan data dan kegiatan analisis yang dilakukan.Dengan kata lain setiap data yang dibutuhkan adalah data yang dapat dipercaya dan tepat waktu.
Melalui data yang dapat dipercaya dan tepat waktu diharapkan seluruh kegiatan pengolahan data akan menghasilkan informasi untuk mengambil suatu keputusan yang tepat. Kemungkinan- kemungkinan penyimpangan yang telah dicoba untuk dieliminasi sekecil mungkin melalui berbagai metode yang dikembangkan dalam statistik, akan sangat membantu didalam setiap kegiatan perencanaan program.
Statistik Sebagai Bahan Monitoring Seperti telah tersebut dalam arti sempit bahwa statistik adalah merupakan data ringkasan berbentuk angka maka hal ini sangat membantu didalam suatu kegiatan monitoring. Oleh karena secara umum yang dilakukan dalam kegiatan monitoring adalah memonitor seluruh kekuatan dan kelemahan program yang menyangkut berbagai variabel yang berbentuk data ringkasan (misalnya : jumlah bayi yang ditimbang, jumlah penduduk, jumlah peserta KB, jumlah balita yang diimunisasi dan lain sebagainya).Statistik Sebagai Bahan EvaluasiDengan mengetahui berbagai data yang dapat dipercaya maka selanjutnya kita dapat menganalisis dan memutuskan yang baik dan yang buruk. Selain itu melalui berbagai data yang ada kita dapat membandingkan dan selanjutnya membuat suatu generalisasi dari sampel yang kecil kepada populasi.

2.5.   Perlunya statistik
Perlunya mengetahui atau mempelajari statistik adalah karena statistik berperan sebagai alat bantu dalam Menjelaskan hubungan antara variabel-variabel, Membuat rencaa dan ramalan, Mengatasi berbagai perubahan dan Mengatasi berbagai perubahan, Membuat keputusan yang lebih baik.[7]
a.  Menjelaskan hubungan antara variabel-variabel
Variabel atau peubah merupakan sesuatu yan nilainya tidak tetap, seperti harga, produksi, hasil penjualan, umur, dan tinggi. Dengan statistik, variabel-variabel tersebut dapat dijelaskan. Misalnya, hubungan antara permintaan produk dengan tingkat pendapatan, dengan jumlah produk atau dengan jenis penganut agama. Analisis korelasi dan regresi mampu memberikan jawaban yang terbaik.
b.  Membuat rencaa dan ramalan
Rencana dan ramalan merupakan dua hal yang diperlukan dalam pelaksanaan sesuatu, sehingga dapat diperoleh hasil yang baik dan berkualitas. Oleh karna itu, rencana dan ramalan harus  baik pula. Dengan statistik, rencana dan ramalan dapat dibuat sebaik mungkin. Misalnya, rencana pembuatan perumahan untuk lima tahun mendatang dari suatu pemerintahan kota, yang dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti jumlah penduduk dan tingkat pendapatan masarakat. Analisis data berkala mampu memberikan jawaban terbaik.
c.   Mengatasi berbagai perubahan
Perubahan-perubahan yang terjadi dalam suatu pengambilan keputusan tidak mungkin dapat diabaikan atau dihindarkan, supaya pihak-pihak lain tidak ada yang dirugikan. Dengan statistik, peubahan-perubahan yang mungkin terjadi dapat diantisipasi sedini mungkin. Misalnya, ketua serikat buruh ingin mengadakan perjanjian dengan pinpinan sebuah perusahaan. Agar upah riil tidak mengalami perubahan an buruh tidak dirugikan maka ketua serikat buruh perlu memperihatikan perkembangan indeks harga yang menyangkut perubahan seluruh harga barang untuk periode saat itu dari periode sebelumnya. Perhitungan angka indeks dapat memberikan jawabannya.
d.  Membuat keputusan yang lebih baik
Keputusan yang baik dan rasional amat diperlukan dalam menjaga kelancaran sebuah aktivitas kerja supaya kelestarian dari sebuah usaha dapat terjamin. Dengan statistik, keputusan yang  baik dan rasional dapat dihasilkan. Misalnya, seorang kepala bagian pemasaran sebuah perusahaan dihadapkan pada kondisi tidak menentu dari produk perusahaannya di masa datang, apakah pemasaran produk itu akan tinggi, rendah,atau sedang. Kepala bagian pemasaran harus dapat mengambil sikap atau tindakan tertentu, misalnya melakukan perluasan dengan membangun sendiri dan mempertahankan kapasitas produk yang ada. Teori keputusan dan uji hipotesis dapat membantu pelaksanaannya.

2.6.   Fungsi statistik
Dari peranan dan perlunya mempelajari statistik, dapat disusun beberapa fungsi statistik dalam kehidupan sehari-hari. Fungsi statistik antara lain: Bank data, alat analisis, alat quality control dan pemecahan masalah dan pembuatan keputusan.[8]
1)   Bank data, menyediakan data untuk diolah dan diinterpretasikan agar dapat dipakai untuk menerangkan keadaan yang perlu diketahui atau diungkap.
2)   Alat quality control, sebagai alat pembantu standardisasi dan sekaligus sebagai alat pengawasan.
3)   Alat analisis, merupakan suatu metode penganalisisan data.
4)   Pemecahan masalah dan pembuatan keputusan, sebagai dasar penetapan kebijakan dan langkah lebih lanjut untuk mempertahankan, mengembangkan perusahaan dalam perolehn keuntungan.



BAB III
PENUTUP
3.1.         Kesimpulan
Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Singkatnya, statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data.
Manfaat statistika dalam kehidupan sehari-hari adalah supaya kita lebih praktis dalam mengolah data, sehingga kita akan mudah untuk menjalankan suatu aktivitas yang berkaitan dengan statistika, misalkan Bagi ibu-ibu rumah tangga mungkin tanpa disadari mereka telah menerapkan statiska. Dalam membelanjakan uang untuk kebutuhan keluarganya sering melakukan perhitungan untung rugi, berapa jumlah uang yang harus dikeluarkan setiap bulannya untuk uang belanja, listrik, dan lain sebagainya.
statistik sangat berperan dalam kehidupan sehari-hari misalnya dalam kehidupan sehari-hari kita sering menggunakan ilmu statistika untuk mengatur berapa jumlah pengeluaran kita yang disesuaikan dengan pendapatan yang kita peroleh, lalu memilih barang yang mana yang akan kita beli, dan lainnya yang pada akhirnya membutuhkan keputusan terbaik yang akan kita ambil.

DAFTAR PUSTAKA
Anto Dajana. 1991. Pengantar metode statistik, jilid 1. Jakarta: LP3ES.
Arief Karseno, Ibnu Subuyanto, Budi Purnomo BR. 1985. Statistik 1. Jakarta: Karunika.
Hasan, M. Iqbal. 2008. Pokok-pokok Materi Statistik 1 (Statistik Deskriftif), edeisi kedua. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Gujarati, Damodar, dan Sumarno Zain. 1999. Ekonometrik Dasar. Jakarta: Erlangga
J. Supranto. 1994. Statistik teori dan aplikasi, jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Spiegel, R. Murray. 1994. Statistika, edisi kedua. Terjemahan I Nyoman Susilo dan Ellen Gunawan. Jakarta: Erlangga.
Sudjana. 1992. Metode statistika. Bandung: Tarsito.
Sutrisno Hadi. 1992. Statistika, jilid 1. Yogyakarta: Andi offset.
Walpole, E. Ronald. 1993. Pengantar Statistika, edisi ketiga. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




[1] Pengantar metode statistik, Anto Dajana, 1991, jilid 1, hlm. 2
[2] Statistika, Sutrisno Hadi, 1992, jilid 1, hlm. 4
[3] Metode statistik., Sudjana, 1992, hlm. 9
[4] Pokok-pokok Materi Statistik 1 (Statistik Deskriftif), Ir. M. Iqbal Hasan, M.M, cet. 5, 2008, hlm. 1-2
[5] Statistik teori dan aplikasi, J. Supranto, 1994, jilid 1, hlm. 11
[6] Pokok-pokok Materi Statistik 1 (Statistik Deskriftif) Ir. M. Iqbal Hasan, M.M, cet. 5, 2008, hlm. 4
[7] Pokok-pokok Materi Statistik 1 (Statistik Deskriftif) Ir. M. Iqbal Hasan, M.M, cet. 5, 2008, hlm. 4-5
[8] Pokok-pokok Materi Statistik 1 (Statistik Deskriftif) Ir. M. Iqbal Hasan, M.M, cet. 5, 2008, hlm. 5-6

No comments:

BANGUN RUANG DAN BANGUN DATAR

BANGUN RUANG DAN BANGUN DATAR 1.       Mengelompokkan berbagai bangun ruang sederhana a.    Menyebutkan bermacam bentuk benda Bentu...